Mengenal Kanker Pankreas dan Pengobatannya

Sel yang tumbuh secara aktif menyerang pankreas adalah kanker pankreas. Sebagai salah satu organ tubuh yang sangat penting, pankreas ini terletak dalam perut tepatnya di belakang bawah lambung. Dalam pankreas terdapat sel eksokrin yang akan menghasilkan cairan untuk pencernaan, juga terdapat sel endokrin yang nantinya menghasilkan hormon insulin. Dan biasanya sel yang menyerang pankreas berawal dari eksokrin.


Beberapa tokoh ternama dunia seperti Steve Jobs terkena kanker pankreas. Berdasarkan penelitian lembaga ilmiah, kanker pankreas adalah penyebab kematian nomor 6 dan 7 pada pria dan wanita. Urutan ini adalah urutan yang terbilang besar mengingat kanker pankreas sangat sulit dideteksi karena tempatnya yang sangat tersembunyi.
Kanker Pankreas

Penyebab dan Gejala Kanker Pankreas


Menurut ahli medis, penyebab kanker pankreas secara pasti tidak diketahui. Namun beberapa orang memiliki faktor resiko tinggi terkena kanker pankreas. Perokok berat adalah salah satunya. Tembakau merupakan bahan aktif yang dapat menjadi penyebab timbulnya kanker pankreas pada seorang perokok. Penderita diabetes juga memiliki resiko besar terkena kanker pankreas karena penyakitnya diabetesnya yang kronis membawa kerusakan pada pankreas yang memicu timbulnya kanker. Dan penderita infeksi pankreas, turunan genetik juga obesitas juga merupaka orang dengan resiko besar terkena kanker pankreas.


Gejala yang ditimbulkan kanker pankreas sangat sulit dideteksi karena letak pankreas yang ditutupi lambung. Seringkali penderita kanker pankreas baru mengetahui keberadaan kanker di tubuhnya setelah kanker berkembang stadium lebih lanjut. Namun gejala umum yang ditimbulkan adalah penyakit kuning, gangguan pencernaan dan pembengkakan pada usus.

Pengobatan Kanker Pankreas


Banyak cara yang dapat digunakan untuk mengatasi kanker pankreas. Salah satunya adalah pembedahan. Biasanya pembedahan dilakukan pada kasus kanker pankreas yang dapat dideteksi secara dini. Setelah pembedahan akan dilanjutkan dengan perawatan lanjutan. Biasanya perawatan lanjutan ini direkomendasikan untuk menjalani radiasi dan kemoterapi. Namun seringkali penderita kanker pankreas mengetahui keberadaan kanker saat kanker mencapai stadium lanjut. Biasanya perawatan untuk kanker pankreas stadium lanjut adalah kemoterapi dan radiasi. Harapan hidup perawatan melalui pembedahan dan terapi lanjutan sangat besar. Karena itu sangat penting mendeteksi secara dini kanker pankreas.
Previous
Next Post »