Penyebab, Gejala Kanker Mata dan Pengobatan serta Pencegahannya

Kanker mata atau yang lazim disebut retinoblastoma merupakan tumor ganas yang tumbuh pada bagian mata. Penyakit ini tergolong jarang ditemui. Menurut tempat terserangnya dibagi menjadi tumor kelopak mata dan tumor inokular dan lain-lain. Tumor ini biasanya terjadi pada mata sebelah, lalu berkembang ke mata yang lain. 


Kanker Mata

Penyebab Dan Gejala Kanker Mata 


Sejauh ini, kanker mata menyerang berbagai usia, meski prosentasenya berbeda pada tiap usia. Penyebab kanker mata adalah faktor genetik, juga karena mutasi gen pada tubuh sendiri. Gejala yang muncul pada penyakit ini seperti : pada mata muncul gejala asimetris atau esotropia; terdapat perbedaan warna mata yang kanan dan kiri ; dalam pemeriksaan dengan menggunakan cahaya normal, pada pupil mata ditemukan bintik-bintik putih.  Dan dengan pemeriksaan flash fotografi juga ditemukan titik putih pada pupil. Selain pada pupil, ditemukan benjolan pada kelopak mata yang berpengaruh pada penglihatan. Penderita kanker mata akan mengalami tekanan intraokular, mata sakit, sakit kepala, kehilangan penglihatan, dll. Biasanya juga disertai dengan air mata pada mata yang sakit, gangguan proptosis atau gerakan mata, penglihatan menurun, hal-hal lain. 



Pengobatan Dan Pencegahan Kanker Mata


Bila ditemukan tanda-tanda yang dapat dilihat langsung seperti : warna mata kanan dan kiri tidak sama, ditemukan bintik-bintik putih pada pupil, tumor tumbuh di mata, mata menjadi sakit dan mengeluarkan air mata, juga kepala menjadi sakit,  penglihatan menurun, segera periksakan diri ke dokter mata. Pemeriksaan pada masa sekarang sudah canggih dengan menggunakan model pemeriksaan MRI, X-Ray, USG dengan B mode. Prinsip dari penanganan kanker ini, bila muncul gejala yang dicurigai sebagai kanker mata, segera periksakan diri ke spesialis mata. Bila kanker mata ditemukan pada anak, tidak ada cara  pencegahan, karena bersifat genetik. Tetapi anak masih dapat ditolong agar dapat terhindar dari kebutaan dan kematian. 


Untuk orang dewasa, pencegahan dapat dilakukan dengan memerhatikan kebersihan mata dan melakukan pemeriksaan mata secara rutin berkala. Bila ditemukan kanker mata pada pasien, dari sisi medis dapat dilakukan beberapa terapi, seperti : pembedahan ; pembekuan : radiasi ; kemoterapi dan imunotheraphy tumor. Ada pula metode pengobatan gabungan yaitu dengan kemoterapi dan obat tradisional kanker sebagai terapi kanker mata.
Previous
Next Post »