Kanker Servik: Gejala Dan Penyebab

Kurangnya wawasan tentang kanker servik, membuat para wanita terlambat menyadari gejala kanker servik yang dideritanya. Keterlambatan mengetahui gejala kanker servik, akan membuat penyakit ini sulit ditangani dan disembuhkan. Berdasarkan penelitian ilmiah, kanker servik adalah penyebab utama kematian pada wanita. Diantara 40 wanita yang terdeteksi menderita kanker servik, 20 diantaranya meninggal dunia. Karena itu wanita harus memiliki wawasan yang cukup tentang kanker servik.


Penyebab Kanker Servik


Penyebab utama timbulnya kanker servik adalah karena infeksi human papiiloma virus (HPV). Sebagian besar virus ini menginfeksi wanita penderita HIV/ AIDS. Namun tidak menutup kemungkinan HPV menyerang wanita siapa saja bahkan yang tidak mengidap HIV. Selain karena infeksi HPV, kanker servik juga bisa disebabkan karena hubungan seksual yang tidak sehat. Hubungan seksual yang tidak sehat biasanya terjadi pada pasangan yang tidak terikat dalam tali pernikahan. Dan kanker servik juga bisa menyerang wanita yang suka berganti-ganti pasangan. Karena itu, mulailah untuk menjalani hubungan seksual yang sehat dalam ikatan pernikahan, sehingga Anda terhindar dari gejala kanker servik.

Gejala kanker servik

Gejala Kanker Servik


Gejala kanker servik sangat sulit diketahui. Namun beberapa gejala berikut mungkin akan membuat Anda waspada sehingga terdorong untuk memeriksakan diri untuk deteksi dini kanker servik:


• Keputihan patologis. Keputihan patologis yang ditandai dengan cairannya berwarna seperti hijau atau kuning keruh dan disertai bau tidak sedap. Selain itu keputihan yang keluar disertai rasa sakit dan gatal pada organ intim perlu diwaspadai sebagai gejala kanker servik.


• Sakit pada organ intim wanita. Jika infeksi HPV telah sampai pada tingkatan lebih parah, akan membuat imun tubuh turun dan menyebabkan sakit pada perut bawah, paha dan panggul yang membuat organ intim terasa sakit saat melakukan hubungan seksual dengan suami.


• Pendarahan. Jangan samakan dengan menstruasi karena pendarahan ini biasanya terjadi tidak normal, pada waktu-waktu diluar waktu menstruasi. Jika pendarahan berlangsung rutin dalam jumlah yang banyak dan menyebabkan sakit, segera pastikan gejala kanker servik ke dokter pribadi Anda sehingga kanker servik dapat dideteksi secara dini.
Previous
Next Post »