Mengetahui Gejala dan Pencegahan Kanker Usus Besar

Kanker usus besar adalah penyakit yang menyerang usus besar. Letak usus besar dalam sistem pencernaan adalah dibagian paling bawah. Fungsinya sebagai tempat untuk membuang limbah sisa makanan yang masuk dalam sistem pencernaan. Perkembangan sel kanker yang berada dalam usus, membuat kanker ini sangat sulit diketahui secara dini. Tidak sedikit penderita kanker usus besar yang terlambat memeriksakan kondisi usus besarnya. Akibatnya, penyakit yang seharusnya bisa ditangani ini menjadi semakin sulit untuk disembuhkan.


Gejala Kanker Usus Besar

Kanker Usus Besar

kanker usus besar memang sulit diketahui secara dini. Namun bukan berarti keberadaannya tidak menunjukkan gejala dan tanda-tanda sama sekali. Jika Anda mengalami gejala berikut, sebaiknya segera periksakan kondisi usus besar Anda sebelum berubah semakin parah.

• Berubahnya kondisi usus. Biasanya perubahan ini adalah perubahan yang sifatnya buruk. Keseringan keluhan yang dialami adalah diare, konstipasi dan juga susah buang air besar. Bisa juga kebiasaan Anda buang besar yang berubah drastis merupakan gejala kanker usus besar.

• Adanya darah pada anus dan feses.

• Sering mengalami gangguan pada perut baik kejang, nyeri dan juga kram sampai kembung

Kehilangan berat badan secara drastis dan badan selalu terasa lebih lemah.

Bentuk feses yang tidak normal melainkan panjang, kecil dan mirip pensil


Kanker yang menyerang usus besar ini disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah tumbuhnya polip yang ada dalam usus besar. Beberapa kasus menyebutkan bahwa polip ini bisa diangkat. Namun orang yang memiliki polip atau pernah menjalani pengambilan polip, memiliki peluang lebih besar terkena kanker usus besar.


Pencegahan Kanker Usus Besar



Obat terbaik untuk melawan kanker adalah dengan melakukan pencegahan sedini mungkin. Dan kanker usus besar dapat  dicegah dengan mengubah kebiasaan buruk saat Anda makan. Pilih makanan yang sehat dan kaya serat seperti buah, sayur dan juga gandum. Makanan yang kaya serat sangat baik membantu pencernaan dan membuat Anda teratur buang air besar. Serat yang tinggi pada makanan berserat akan mendorong terbentuknya feses yang besar. Pembentukan feses yang besar akan menghilangkan semua karsinogen penyebab kanker usus besar.
Previous
Next Post »