Diagnosa dan pengobatan kanker servik

Para wanita seringkali mengalami kesulitan memahami kanker servik tanpa gambar kanker servik yang jelas. Hal ini wajar terjadi karena meski servik atau leher rahim merupakan salah satu bagian dalam dirinya, namun keberadaannya sangat tersembunyi dan tidak terlihat. Akibatnya, wanita seringkali lupa menjaga bagian ini. Dan menurunnya kewaspadaan wanita pada serviknya, menyebabkan wanita dengan mudah terinfeksi virus HPV dan terkena kanker servik.


Diagnosa Kanker Servik


Sudah diketahui secara umum bahwa gejala kanker servik adalah keputihan yang berwarna, berbau dan menyebabkan rasa gatal juga panas, pendarahan diluar waktu menstruasi, sakit saat melakukan hubungan seksual dengan suami dan juga sakit pada paha. Namun jika Anda mengalami gejala ini, jangan dulu berprasangka buruk. Bagaimanapun diagnosa harus tetap ditegakkan oleh dokter ahli. Hal ini untuk menghindari kesalahan diagnosa yang menyebabkan kesalahan dalam mengatasi gejala tersebut.


Gambar kanker servik

Diagnosa kanker servik dilakukan dengan cara skrining menggunakan pap smear. Cara ini sangat efektif untuk melakukan deteksi sejak dini kanker servik. Namun untuk menunjukkan tingkat kepastian yang lebih tinggi, diagnosa harus dilakukan dengan mengambil gambar kanker servik melalui biopsi. Biasanya biopsi dilakukan dengan cara colposcopy yakni dengan membuat pencitraan yang diperbesar.


Pencitraan ini dilakukan dengan melarutkan cairan asam untuk lebih memperjelas sel tidak normal pada permukaan servik. Pemeriksaan lebih lanjut dilakukan melalui prosedur LEEP, cone biopsies juga punch biopsies. Pemeriksaan lanjutan ini akan semakin menguatkan diagnosa kanker servik yang dilakukan sebelumnya.



Pengobatan Kanker Servik


Pengobatan kanker servik dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi sel kanker. Jika kondisi sel kanker berada dalam tahap stadium 0 atau 1, biasanya pembedahan sangat dianjurkan. Terutama untuk wanita yang sangat ingin mempertahankan kesuburan, cara ini sangat efektif dilakukan. Namun jika gambar kanker servik telah menunjukkan bahwa kanker telah sampai pada stadium lebih lanjut maka pengangkatan organ uterus dan servik sangat dianjurkan. Biasanya jika wanita menjalani prosedur ini, kemungkinan kanker servik muncul lagi sangat langka. Meski begitu gambar kanker servik harus selalu diperiksakan pasien dengan menjalani skrining untuk mencegah timbulnya kembali kanker servik.
Previous
Next Post »