Gejala Penyakit Kanker Paru-Paru, Penyebab dan Pencegahan

Kanker paru masih menjadi ancaman besar bagi para perokok pasif dan aktif. Sesuai dengan namanya, kanker jenis ini memang menyerang bagian paru-paru.

Gejala Dan Faktor Risiko Penyakit Kanker Paru-Paru

Ada berbagai faktor yang menyebabkan orang menderita penyakit kanker yang mematikan ini. Salah satu faktor pemicunya adalah tembakau. Para perokok aktif tak asing dengan tembakau. Dan resiko para perokok aktif menderita penyakit kanker paru ternyata besar. Meski demikian, perokok pasif juga memiliki resiko terkena penyakit ini bila terlalu sering terpapar dengan asap rokok. Faktor lain adalah polusi udara. Termasuk polusi dari radon, nikel, arsenik dan kromium. Bila ada anggota keluarga menderita kanker jenis ini, kemungkinan anggota keluarga yang lain juga akan menderita penyakit yang sama.
Kanker Paru


Selain itu juga karena konsumsi alkohol yang berlebihan, dan terserang penyakit paru-paru. Ada dua jenis kanker paru-paru berdasarkan sel kanker paru-paru yang diperiksa dengan mikroskop, yaitu : small cell lung cancer, jenis ini menyerang para perokok berat. Juga ada non-small cell lung cancer. Istilah ini mewakili jenis kanker squamous cell carcinoma, large cell carcinoma, adenocarcinoma . Saat orang terserang penyakit kanker paru-paru, kadangkala mereka tak menyadari hal ini. Biasanya orang meremehkan batuk yang tak kunjung sembuh. Padahal batuk yang tak kunjung sembuh merupakan gejala awal dari penyakit ini. Kehabisan nafas juga merupakan salah satu gejala lainnya. Biasanya kehabisanya nafas merupakan akibat dari banyak merokok. Selain itu juga merasa sakit pada bagian tubuh tertentu, rasa lelah, berat badan menurun, depresi dan sakit pada lutut. Selain itu karena bronchitis, nafas berbunyi, suara pun menjadi serak. 

Pengobatan Dan Pencegahan

Lakukan skrining bila Anda merasakan gejala penyakit kanker paru. Lakukan juga tes dahak, CT scan spiral dan X-Ray pada bagian dada.Pengobatan penyakit ini sejak dini akan menolong penderita mendapatkan peluang kesembuhan yang lebih besar. Pengobatan penyakit kanker paru tergantung dari stadium penyakit ini. Model pengobatan yang ada seperti : pembedahan, radiasi, kemoterapi,dan pengobatan herbal. Pengobatan penyakit ini bertujuan untuk perpanjangan usia, mencegah komplikasi, peningkatan kualitas hidup dan kesembuhan total. Sedangkan sebagai pencegahan, lakukanlah olahraga cukup, hindari alkohol, gunakan pelindung pernafasan misalnya masker, konsumsi makanan bergizi, hindari asap rokok dan berhenti merokok. Cara-cara tersebut diharapkan dapat mencegah penyakit kanker paru.
Previous
Next Post »