Waspadai Gejala Kanker Usus Besar Anda

Gejala kanker usus besar seringkali tak dihiraukan oleh sebagian besar orang. Pasalnya rasa sakit di bagian perut hampir mirip dengan keluhan sakit biasanya, seperti maag ataupun radang. Kanker usus besar atau kolon adalah salah satu kanker usus yang paling sering dialami pasien. Usus besar sendiri adalah bagian dari sistem pencernaan yang berfungsi menampung limbah makanan dari sistem pencernaan. Bagian ujung dari usus besar yang berada dekat dengan anus sendiri disebut rektum.


Beberapa kasus menunjukkan bahwa kanker usus besar seringkali ditandai dengan benjolan sel jinak berukuran kecil. Benjolan ini selanjutnya disebut adenomatous polyps yang biasanya menyebabkan terjadi kanker usus besar.

Gejala Kanker Usus


Sama halnya dengan kanker lainnya, kanker usus besar pun mampu merusak sel normal yang ada. Tak hanya itu, organ serta jaringan lain di sekitar usus besar akan terkena dampak tak mengenakkan. Tidak Cuma berhenti disini, jika sel kanker melepaskan diri ke bagian tubuh lainnya, maka Anda akan menemukan bentukan tumor baru. Para ahli menyatakan bahwa ada kemungkinan terjadinya tumor paru-paru maupun hati akibat kanker usus besar. Lalu, apa sajakah gejala kanker usus besar yang harus diwaspadai? Berikut beberapa gejala yang bisa Anda waspadai.

•Terjadinya pendarahan pada area dubur bahkan akan ditemukan darah pada feses yang dikeluarkan.

•Sering merasakan buang air besar yang tidak tuntas atau menggantung begitu saja.

•Berat badan turun secara drastis tanpa ada alasan yang jelas.

•Adanya perubahan kondisi pada area usus besar yang mengakibatkan diare juga konstipasi. Anda pun kerap mengalami perubahan rutinitas buang air besar yang sudah tidak seperti biasanya.

•Mengalami anemia, padahal sebelumnya tekanan darah selalu normal.

•Sering mengeluhkan rasa tidak nyaman pada bagian perut, seperti kembung, kejang bahkan nyeri tidak tertahan.

•Bentuk kotoran atau feses terlihat panjang dan kecil layaknya pensil.

•Tubuh yang seringkali terasa lemas dan lemah tanpa sebab pasti menjadi gejala kanker usus besar paling biasa ditemui.

Previous
Next Post »