Tanda Tanda Kanker Serviks dan Penyebabnya pada Wanita

Gejala atau tanda tanda kanker serviks pada wanita seringkali tidak  disadari  oleh kebanyakan penderitanya.  Dan masih banyak juga wanita yang tidak mengetahui tanda adanya  kanker  serviks, padahal resiko terkena kanker  serviks  bisa menyerang semua wanita. Mengetahui tanda kanker serviks lebih dini akan mempercepat mempermudah penanganan sebelum kanker  semakin menyebar.

Penyebab Kanker Serviks

Penyakit yang menjadi momok bagi wanita ini disebabkan oleh banyak hal. Sebenarnya kanker serviks disebabkan oleh virus HPV (human papilloma virus) yang penyebarannya sangat mudah. Penyebaran virus ini bisa melalui cairan saat berhubungan intim, dan ada yang mengatakan bisa melalui  sentuhan kulit.

Tanda Kanker Serviks



Selain itu kanker serviks bisa juga disebabkan oleh seringnya mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet, pola hidup yang tidak  sehat  seperti merokok, sering melakukan hubungan intim dengan berganti pasangan, dan  melakukan  hubungan intim pada usia kurang dari  16 tahun. Dan lebih menakutkan lagi kanker serviks bisa di ditularkan melalui wc umum. Mengingat penyebaran penyakit  kanker serviks ini, maka sangat perlu mengetahui tanda kanker serviks.

Tanda-Tanda Kanker Serviks

Sebenarnya penyakit kanker serviks ini berawal dari infeksi biasa, kemudian terus menjadi parah dan jadilah kanker serviks. Proses dari infeksi menjadi kanker serviks ini juga melewati waktu yang cukup lama. Dibutuhkan waktu kurang lebih sekitar 10-20 tahun.

Dengan demikian tanda-tanda awal adanya kanker serviks mungkin susah untuk diketahui. Namun ada beberapa hal yang bisa  di perhatian dan bisa menjadi tanda adanya kanker serviks sebagai berikut:

1.   Sakit saat berhubungan intim.

Sering merasa sakit dan bahkan sampai terjadi pendarahan saat berhubungan intim bisa menjadi tanda awal kanker serviks.

2.   Keputihan tidak normal

Mengalami keputihan yang tidak normal seperti berwarna kehijauan dan mengeluarkan bau yang tidak sedap bisa menjadi tanda kanker serviks.

3.   Sakit pinggul

Sakit pada area pinggul juga menjadi salah satu hal yang bisa diwaspadai sebagai tanda kanker serviks.

4.   Sakit saat buang air kecil

Infeksi kanker pada daerah serviks bisa menimbulkan sakit ketika buang air kecil. Maka dari itu  periksakan jika Anda mengalami rasa sakit ketika buang air kecil.

5.   Menstruasi yang tidak normal

Menstruasi tidak normal seperti waktunya yang lama dan  darah yang dikeluarkan banyak perlu juga Anda waspadai sebagai tanda tanda kanker serviks.
Previous
Next Post »