Sejarah Yayasan Kanker Indonesia dan Visi Misinya

Yayasan kanker indonesia merupakan sebuah organisasi yang bersifat kemanusiaan dan sosial dibidang kesehatan, dan menitikberatkan pada upaya pengobatan penyakit kanker dengan mengadakan kegiatan yang bersifat pemberian dukungan, perlindungan, serta bantuan kepada penderita kanker. YKI memiliki beberapa program untuk membantu penderita kanker, ada 10 jenis kanker utama yang menjadi prioritas yaitu kanker serviks, payudara, hati, paru-paru, kulit, nasofaring, kolorektal, leukemia, trofoblas ganas, dan limfoma malignum.

Sejarah Terbentuknya Yayasan Kanker Indonesia

Yayasan Kanker Indonesia

 

Keprihatinan terhadap semakin banyaknya penderita kanker di Indonesia, dan masih rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai penyakit ini membuat penderita kanker yang melakukan pengobatan sudah memasuki stadium lanjut, dan sudah sangat sulit untuk disembuhkan, dan besarnya beban yang harus dirasakan oleh penderita maupun keluarga membuat 17 pemerhati kesehatan dan tokoh masyarakat tergerak untuk mendirikan Yayasan Lembaga Kanker Indonesia (YLKI) pada 17 April 1977, berikut ini beberapa para tokoh pendiri YLKI, diantaranya adalah :

-     DR. Muhammad Hatta
-     Let. Jend. Ali Sadikin
-     Prof. DR. G.A. Siwabessy
-     Prof. Dr. Soedarto Pringoutomo
-     R. Satoto Hoepoedio
-     Prof. Dr. Asmino
-     DR. Arifin M. Siregar

Sepuluh tahun kemudian yaitu 1987 YLKI berubah nama menjadi Yayasan Kanker Indonesia (YKI).

Visi dan Misi Yayasan Kanker Indonesia

Beriktut ini visi dan misi Yayasan Kanker Indonesia, yaitu :

-     Visi

1.   Memberi perhatian dan memberikan penjelasan bahwa kanker bukan hanya menjadi masalah keluarga dan penderita yang terkena saja.

2.   Memberi dukungan baik material maupun moral sesuai dengan kapasitas dan kemampuan yayasan

3.   Memberi perlindungan kepada mereka yang mengidap kanker sehingga merasa terayomi, dan menimbulkan rasa semangat pada diri untuk melakukan upaya pengobatan dan mencari solusi terbaik untuk meningkatkan kualitas hidup penderita kanker.

-     Misi

Meningkatkan perhatian dan kepedulian masyarakat terhadap penanggulangan kanker dengan menyediakan layanan dibidang preventif, promotif dan suportif untuk memberikan penjelasan pentingnya untuk mendeteksi kanker sejak dini.

Semoga informasi diatas dapat membuat Anda yang memiliki keluarga yang menderita kanker dan membutuhkan atau ingin memberikan bantuan, mengetahui tempat yang tepat untuk bersandar adalah di Yayasan Kanker Indonesia.
Previous
Next Post »