Penyakit kanker: Pengertian, Jenis dan Gejalanya

Pada dasarnya setiap orang mempunyai bibit penyakit kanker. Karena di dalam tubuh setiap orang mempunyai sel kanker atau sel abnormal. Sel ini tidak tumbuh seperti biasanya, namun sel ini hanya tumbuh jika diberi nutrisi tertentu. Nutrisi yang dibutuhkan oleh sel ini, seperti zat karsiogenik, atau zat-zat yang lain. Ada baiknya jika kita mengetahui dengan baik beberapa gejala sel kanker.

Gejala umum

Penyakit kanker

 

Ada beberapa gejala umum yang perlu kita ketahui untuk penyakit kanker ini.

-        Adanya benjolan
Timbulnya benjolan pada bagian tertentu, biasanya timbul di beberapa tempat seperti payudara, leher, ketiak, dll.  Benjolan tersebut biasanya tidak terasa sakit jika ditekan. Namun benjolan tersebut biasanya akan semakin membesar. Namun beberapa kanker tidak menimbulkan benjolan.

-         Sering merasa sakit
Karena beberapa kanker tidak menimbulkan benjolan, namun biasanya pasien sering merasa sakit, dan rasa sakit tersebut tidak kunjung sembuh. Ada beberapa gejala yang sering timbul seperti keluar darah yang tidak normal, batuk yang tidak sembuh-sembuh, gangguan BAB, dll.

-        Berat badan turun drastis
Karena pertumbuhan sel kanker, maka biasanya berat badan akan turun secara drastis. Sel kanker akan berkembang biak secara tidak terkendali, dan menyebabkan sel-sel tubuh yang masih aktif menjadi rusak dan aliran darah tidak berjalan dengan lancar.

Beberapa penyakit kanker

Ada beberapa penyakit kanker yang perlu kita ketahui, seperti :

1.   Kanker lambung
Kanker lambung adalah masuknya bakteri ke dalam lambung kita. Bakteri yang masuk adalah helicobacter pylori lalu ada juga hereditas, dll. pasien akan menderita sakit pada bagian lambung, bahkan pada beberapa kasus ada pendarahan di bagian lambung.

2.   Kanker payudara
Kanker ini tentu akan sangat mengganggu bagi kebanyakan wanita. Penyakit yang akan masuk ke payudara ini akan menyebabkan pembusukan pada bagian ini. Kanker ini disebabkan oleh virus.

Masih banyak lagi kanker yang dapat berkembang dalam tubuh kita. Cara mencegah penyakit kanker adalah dengan menjaga berbagai macam yang masuk ke dalam tubuh kita atau menjaga apapun yang akan kita pakai.
Previous
Next Post »