Kanker tenggorokan: Penyebab dan Cara Pencegahannya

Kanker tenggorokan menjadi topik kesehatan yang menarik untuk dibicarakan. Tenggorokan sendiri adalah saluran tubuh yang panjangnya dari hidung hingga leher. Dan biasanya kanker tenggorokan terletak pada saluran  tenggorokan dan pita suara.

Bisa dibayangkan betapa susahnya bernafas ketika kanker bersarang ditenggorokan. Tentu resiko kematian begitu  cepat dan sangat mengancam.

Penyebab kanker tenggorokan

Kanker tenggorokan

 


Resiko kanker tenggorokan bisa terjadi kepada siapapun, baik pria maupun wanita pada segala usia. Penyebab munculnya kanker tenggorokan perlu kita ketahui agar resiko terkena kanker tenggorokan bisa berkurang. Berikut beberapa penyebab kanker tenggorokan:

1.   Rokok

Rokok sampai sekarang ini masih menjadi penyebab utama terkena kanker tenggorokan. Pernyataan ini disampaikan karena kebanyakan orang yang terkena kanker tenggorokan adalah seorang perokok.

2.   Bahan kimia

Bahan-bahan kimia yang di gunakan dalam makanan yang dikonsumsi terlalu sering bisa menjadi penyebab munculnya kanker tenggorokan.

3.   Minuman beralkohol

Hanya dengan  mengkonsumsi minuman beralkohol bisa merusak tenggorokan. Apa lagi jika mengkonsumsi alkohol dengan intensitas yang sering, maka sangat mungkin meningkatkan resiko terkena kanker tenggorokan.

4.   Penyakit lambung kronis

Parahnya penyakit lambung hingga terjadi kebocoran asam lambung hingga kerongkongan bisa meningkatkan resiko terkena kanker tenggorokan.

Pencegahan kanker tenggorokan

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Kata-kata itu memang sederhana tapi mengandung makna yang luar biasa. Setelah mengetahui beberapa penyebab kanker tenggorokan maka hal baik yang bisa dilakukan adalah tidak melakukannya.

Pada intinya kanker tenggorokan ini akan menyerang orang-orang yang memiliki kebiasaan  hidup tidak sehat. Seperti yang kita ketahui salah  satu pola hidup tidak sehat  adalah  dengan merokok. Sangat  jelas rokok tidak baik untuk kesehatan, bahkan  di bungkus rokok sendiri sudah ditulis dengan jelas resiko penyakit-penyakit yang bisa menyerang orang yang mengkonsumsi rokok. Namun kebanyakan penikmat rokok mengabaikan semua peringatan itu.

Selain rokok hal lain yang perlu kita waspadai dalam penggunaan bahan-bahan kimia yang tidak aman pada makanan. Menjadi konsumen yang cerdas adalah solusi agar terhindar dari banyaknya resiko memakan makanan yang berbahaya atau mengandung banyaknya bahan kimia. Pilih makanan yang memang  sudah lolos dan memiliki  nomor BPOM (badan pengolah obat dan makanan) untuk meminimalisir resiko terkena berbagai penyakit, tak terkecuali penyakit kanker tenggorokan.
Previous
Next Post »