Kanker Ovarium:Pengertian, Gejala dan Penyebabnya

Kanker ovarium adalah penyakit yang paling ditakuti oleh wanita. Selain  menjadi penyebab kematian untuk wanita, adanya kanker ovarium ini juga bisa membuat wanita tidak bisa melanjutkan keturunannya. Perkembangan sel-sel kanker pada daerah ovarium ini memang sangat rentan untuk wanita dan janin jika dia mengandung.

Kanker yang terletak pada organ reproduktif wanita ini menjadi penyakit tertinggi nomor 5 yang di derita oleh wanita singapura. Penyakit kanker ovarium ini biasa menyerang wanita lanjut usia, namun bukan berarti tidak bisa menyerang wanita usia muda.

Gejala kanker ovarium

Kanker Ovarium

 

Mengenai gejala kanker ovarium, pada umumnya hampir sama dengan gejala kanker-kanker lainnya. Gejala kanker ovarium juga tidak memiliki ciri yang signifikan yang bisa menjadi tanda untuk mendeteksi adanya penyakit kanker ovarium.

Walau begitu berikut ada beberapa gejala kanker ovarium yang bisa penulis bagi:

1.   Perut tidak nyaman

Bagian perut yang sering merasa tidak nyaman, membengkak dan merasa kembung bisa menjadi gejala adanya kanker ovarium. Jika sering mengalami ini sebaiknya segera cari tahu dengan periksa ke dokter.

2.   Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan seperti sering mual dan sering buang gas.

3.    Hilangnya nafsu makan

Selera makan yang tiba-tiba hilang dan menyebabkan turunnya berat badan secara drastis.

4.   Sakit pada area punggung

Sakit punggung memang biasanya terjadi karena kram otot dan  keseleo. Namun jika sering dialami dan dengan rasa yang berbeda dari kram otot maka bisa jadi itu menjadi gejala kanker ovarium.

Faktor penyebab kanker ovarium


Munculnya kanker yang menyerang organ penting pada wanita ini memiliki beberapa penyebab. Diantaranya:

1.   Faktor dari dalam

Faktor gen atau keturunan memang sangat riskan terhadap segala penyakit, termasuk kanker ovarium. Jika memiliki keturunan seperti ibu atau saudara perempuan yang terkenal kanker ovarium memiliki resiko 20 kali terkena kanker ovarium.

2.   Faktor dari luar

Lagi-lagi pola makan dan pola hidup yang tidak sehat memang menjadi pemicu timbulnya penyakit. Banyaknya pengawet dan penyedap yang masuk kedalam tubuh bisa memicu timbulnya kanker, termasuk kanker ovarium.
Previous
Next Post »