Kanker lambung: Penyebab dan Gejalanya

Kanker lambung, mungkin tidak banyak yang tahu mangenai penyakit ini. Kanker di organ lambung ini mungkin masih sangat jarang terdengar dan dibahas. Pembahasan mengenai kanker lebih sering membahas kanker serviks, kanker rahim, kangker payu darah, dan kanker kulit.

Sebenarnya kanker lambung ini menjadi penyakit yang juga harus diwaspadai. Karena kanker lambung bisa menyerang wanita maupun laki-laki, berbeda dengan kanker serviks atau kanker rahim yang hanya bisa menyerang wanita.

Penyebab terkena kanker lambung

Kanker lambung

 

Pada ilmu kedokteran penyebab kanker lambung ini belum ditemukan secara pasti. Namun  ada beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu meningkatkan resiko terkena kanker lambung, sebagai berikut:

1.   Riwayat kesehatan keluarga

Faktor keturunan juga bisa menjadi penyebab terjangkitnya kanker lambung. jika memiliki keluarga yang terkena kanker lambung, maka perlu diwaspadai akan resiko terkena kanker lambung.

2.   Mengkonsumsi makanan yang dibakar

Proses pembakaran pada makanan akan menyisakan karbon dioksida dalam makanan. Dengan mengkonsumsi makanan yang dibakar dengan  intensitas terlalu sering maka akan semakin banyak karbon dioksida yang menumpuk dalam lambung dan bisa menyebabkan kanker lambung.

3.   Infeksi bakteri
Kanker lambung juga bisa terjadi karena infeksi  bakteri helicobater pylori, yaitu sebuah bakteri yang tinggal di lendir dalam lambung.

4.   Radang lambung
Peradangan lambung dalam jangka waktu yang lama dan kondisi yang semakin parah juga bisa menjadi penyebab adanya kanker lambung.

5.   Merokok
Rokok memang menjadi salah satu  penyebab munculnya   penyakit kanker, tak terkecuali kanker lambung.

Gejala kanker lambung

Kanker lambung memang menjadi penyakit yang susah di deteksi. Kebanyakan penderita kanker lambung  mengetahui penyakitnya ketika sudah memasuki stadium yang lebih  lanjut.
Banyak orang mengira sakit pada bagian lambung karena naiknya asam lambung sehingga tidak menyadari adanya kanker lambung.

Namun jika sakit pada lambung dialami dengan intensitas sering, itu perlu diwaspadai. Apa lagi jika diikuti dengan gejala muntah-muntah dan buang air besar yang berwarna hitam pekat. Pekatnya BAB yang dikeluarkan bisa menjadi tanda adanya pendarahan pada lambung dan sekaligus adanya kanker lambung.
Previous
Next Post »