Gejala Kanker dan Cara Pencegahannya

Gejala kanker tidak mudah dikenali, apalagi pada umumnya pada stadium awal kanker tidak menimbulkan gejala yang dirasakan cukup signifikan. Biasanya gejala akan dirasakan penderita bila sudah masuk tahap lebih lanjut. Untuk itu kami berupaya untuk memberikan gambaran sederhana mengenai beberapa gejala yang sebaiknya Anda waspadai sebagai awal mula munculnya penyakit kanker.

Gejala Kanker Secara Umum

Berikut ini beberapa gejala kanker yang umumnya dialami oleh penderita kanker, diantaranya adalah :

-     Benjolan daging yang tumbuh secara tidak normal pada bagian tubuh yang terdapat sel-sel jaringan kanker, namun tidak semua benjolan terdeteksi kanker, biasanya benjolan kanker tidak akan terasa sakit bila di tekan, dan rasa sakit hanya akan timbul bila ukurannya sudah membesar.

-     Sakit yang tidak kunjung sembuh meskipun telah diobati dengan obat antibiotic

-     Luka, koreng, atau borok yang susah sembuh

-     Terdapat bercak darah tidak normal yang keluar dari mulut, hidung, anus, ataupun alat vital

-     Batuk yang tidak kunjung sembuh bahkan memburuk

-     Suara berubah lebih serak secara tetap

-     Gangguan pada pencernaan diare atau sembelit

-     Rasa nyeri atau tidak nyaman pada bagian pinggul atau perut

-     Gangguan pada proses BAK

-     Perubahan ukuran, bentuk atau warna pada tahi lalat

-     Berat badan menurun dengan drastis, meskipun tidak mengikuti program diet

Gejala Kanker

Cara Mencegah atau Meminimalisir Resiko Terkena Kanker

Mendeteksi gejala kanker sejak dini dapat mencegah sel-sel kanker berkembang secara tidak terkendali, namun ada pepatah bijak mengatakan bahwa “mencegah lebih baik dari pada mengobati”, maka hal inilah yang menjadi pilihan terbaik bagi setiap orang. Oleh karena itu berikut ini kami berikan beberapa cara mencegah atau meminimalisir resiko terkena kanker, diantaranya adalah :

-     Hentikan kebiasaan tidak sehat seperti mengkonsumi alkohol, merokok, dan begadang karena ketiga hal ini bukan hanya penyebab sel-sel kanker lebih aktif akan tetapi dapat membuat kondisi kesehatan tidak stabil.

-     Menjaga dan mengatur pola makan yang sehat

-     Menjaga agar berat badan tetap ideal dengan melakukan aktivitas olahraga secara rutin

-     Lindungi diri dari paparan sinar matahari secara langsung, radiasi sinar ultraviolet yang berulang-ulang dan dalam waktu yang lama dapat menjadi penyebab kanker kulit.

-     Melakukan vaksinasi (imunisasi), ada beberapa jenis kanker yang dapat dicegah melalui imunisasi karena itu sangat dianjurkan bagi bayi dan anak-anak untuk divaksinasi.

-     Mendeteksi atau memeriksa keadaan diri sendiri untuk melihat perubahan-perubahan yang terjadi pada diri sendiri, karena pada dasarnya gejala kanker tidak nampak secara kasat mata, namun hanya bisa di deteksi oleh penderitanya sendiri.

Semoga uraian sederhana diatas dapat menambah pengetahuan Anda mengenai gejala kanker.
Previous
Next Post »