Gejala dan Penyebab Kanker Lidah

Kanker lidah merupakan sel kanker yang berkembang secara tak terkendali pada lidah. Kanker lidah tumbuh dan berkembang dari sel skuamosa, dimana sel-sel lidah yang normal dan membelah secara terkendali dan teratur menjadi tidak terkontrol, sehingga membuatnya terus membelah dan tumbuh, dan pada akhirnya terbentuk jaringan yang tidak normal, Massa jaringan abnormal ada 2 jenis yaitu yang tidak menyebar disebut tumor lidah dan yang menyebar dan bersifat ganas disebut “kanker lidah”. 

Gejala-Gejala Kanker Lidah

Sebenarnya gejala-gejala kanker lidah hampir sama dengan gejala kanker mulut. Dan gejala awal yang sering muncul adalah adanya luka pada luka atau ulkus pada lidah yang nampak seperti sariawan, namun tidak kunjung sembuh meskipun telah diobati. Berikut ini gejala-gejala kanker lidah yang lainnya, yaitu :

Kanker Lidah



1.   Timbul rasa nyeri  yang berkepanjangan, dan umumnya rasa sakitnya akan terasa sampai pada bagian rahang.

2.   Lidah jadi sangat mudah berdarah

3.   Terdapat benjolan ataupun penebalan pada lidah

4.   Timbul bercak-bercak berwarna putih ataupun merak pada lidah, tonsil, gusi, atau bagian mulut yang lainnya.

5.   Rasa sakit pada tenggorokan atau terasa ada sesuatu yang mengganjal pada tenggorokan yang menetap atau tidak kunjung hilang.

6.   Lidah terasa sulit digerakkan dan mati rasa

7.   Merasa kesulitan saat mengunyah dan menelan makanan dan minuman

8.   Merasa kesulitan untuk menggerakkan lidah atau rahang.

Gejala-gejala yang dirasakan oleh setiap orang tidaklah sama, tergantung pada kondisi kesehatan setiap individu masing-masing, namun bila Anda sudah merasakan 3-4 gejala diatas maka sangat disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter ahli, agar bisa dilakukan tindakan yang cepat dan tepat untuk proses penyembuhan.

Penyebab Utama Kanker Lidah

Sebenarnya secara medis belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab dari kanker lidah, namun berdasarkan beberapa kasus yang terjadi pada penderita kanker lidah, maka penyebab utamanya adalah gaya hidup yang kurang sehat, seperti :

-     Memiliki kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan (kecanduan)
-     Perokok berat
-     Kebiasaan mengunyah tembakau (nginang)

Hampir semua produk rokok atau tembakau mengandung bahan nikotin yang memiliki sifat karsinogenik (senyawa penyebab kanker), sedangkan alkohol mungkin tidak mengandung zat karsinogenik, namun mengandung etanol yang memudahkan penyerapan zat karsinogenik, sehingga bila seseorang memiliki kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol maka mereka sangat berpotensi menderita kanker lidah.
Previous
Next Post »