Faktor penyebab kanker rahim Pada Wanita

Tentu kita berpikir faktor apa yang menjadi penyebab kanker rahim? Mengapa penyakit ini ada? Seperti kita ketahui rahim adalah salah satu organ penting yang dimiliki oleh setiap wanita. Organ ini adalah salah satu anugerah yang paling indah yang diberikan oleh Tuhan. Dari rahim seorang wanita dapat melahirkan bayi yang sangat lucu dan menggemaskan. Namun bagaimana jadinya ketika seorang wanita mendapatkan penyakit kanker rahim? Beberapa wanita merasa hancur, seakan tidak ada harapan hidup.

Penyebab kanker rahim

Penyebab kanker rahim

Kanker rahim atau dikenal juga dengan kanker serviks adalah jenis kanker yang disebabkan oleh virus, yaitu human papiloma virus atau disingkat dengan HPV. Virus ini akan menyerang leher rahim, ketika seseorang mendapatkan penyakit ini maka biasanya akan disertai dengan pendarahan pada vagina.
Ada beberapa penyebab mengapa seorag wanita mendapatkan kanker rahim, seperti penggunaan obat kontrasepsi  seperti pil KB. Pil KB pada beberapa orang mungkin tidak akan menyebabkan apa-apa hanya akan menunda kehamilan. Namun bagi mereka yang sensitif obat tersebut akan merangsang masuknya virus HPV ini. Selain pil KB, diet menjadi penyebab kanker rahim.  Ketika seorang wanita menggunakan program diet maka biasanya ada beberapa gizi yang tidak tercukupi dengan baik, dan jika itu terjadi maka virus dapat masuk dengan mudah. Tidak menjaga kebersihan vagina juga menjadi alasan penting  mengapa virus HPV masuk ke dalam leher rahim.

Tips menghindari kanker rahim

Kita tentu tidak menginginkan terjadinya kanker rahim, maka dari itu kita harus melakukan beberapa tindakan pencegahan, seperti :

-        Mengganti pakaian dalam secara rutin
Kita harus mengganti pakaian dalam setidaknya 2 kali dalam sehari, guna mencegah timbulnya penyakit.

-        Mengkonsumsi makanan sehat
Ada banyak makanan tidak sehat di sekeliling kita, maka dari itu sebaiknya mulai saat ini perhatikan setiap makanan yang akan kita makan.

-        Perhatikan kebersihan vagina
Ketika vagina bersih, maka penyakit tidak akan menempel. Perhatikan cara membersihkan vagina dengan baik, perhatikan juga air yang akan digunakan untuk membersihkan vagina.

Melakukan pap smear adalah salah satu tindakan pencegahan terhadap kanker rahim dan faktor  penyebab kanker rahim.
Previous
Next Post »