Tanda Gejala Kanker Rahim Pada Wanita

Gejala kanker rahim adalah gejala-gejala yang kabarnya paling banyak ingin diketahui oleh banyak wanita. Benar saja, karena semua wanita sangat rentan terinfeksi penyakit ini. Hal ini dikarenakan semakin tingginya faktor resiko yang dengan mudahnya kontak dengan para wanita. Mulai dari makanan yang banyak mengandung karsinogen, pembalut wanita dengan bahan berbahaya, hingga pergaulan bebas yang sudah mulai tak bisa dihindari. Hal ini membuat banyak wanita was-was dan selalu ingin tahu apa saja gejala kanker rahim yang bisa diwaspadai. Berikut ada beberapa tanda tanda kanker rahim yang harus kita waspadai dan segera melakukan pemeriksaan lanjutan jika merasa hal di bawah ini terjadi pada kita.

Gejala Kanker Rahim

Pendarahan

Gejala kanker rahim pertama yang pasti terjadi adalah pendarahan pada organ intim wanita. Pendarahan ini dapat berupa flek-flek hitam atau kemerahan yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Tetapi ada juga pendarahan yang hampir mirip dengan masa menstruasi sehingga banyak wanita mengganggap hal tersebut terjadi karena siklus menstruasi yang sedang tidak normal. Perdarahan yang mirip dengan siklus menstruasi ini terjadi diantara 2 siklus menstruasi.


Keputihan

Keputihan sebenarnya normal terjadi pada semua wanita yang sedang dalam masa subur. Tetapi jika Anda mulai merasakan keputihan yang sedikit tidak wajar seperti keputihan yang terjadi dalam waktu lama, berwarna hijau atau kekuningan, berbau dan gatal wajib segera memeriksakan diri ke dokter. Hal ini merupakan sebuah tanda bahwa rahim Anda sedang terinfeksi jamur yang bisa menjadi awal terjadinya kanker rahim.


Nyeri Panggul


Nyeri adalah sebuah mekanisme normal jika tubuh kita sedang mengalami ketidaknormalan. Misalnya saja adanya ciri ciri kanker rahim sehingga rahim dalam kondisi tidak baik seperti ada iritasi atau yang lainnya. Jika mungkin Anda mengalami nyeri panggul berkepanjangan, bisa segera melakukan pemeriksaan panggul untuk mengetahui ada tidaknya pendarahan yang merupakan gejala kanker rahim.


Nyeri Saat Buang Air Kecil

Gejala ini terjadi pada kanker rahim stadium lanjut. Yaitu adanya rasa nyeri ketika kita berkemih. Hal ini dikarenakan kanker sudah mulai menyebar, dan penyebaran pertama pasti terjadi di organ terdekat yaitu saluran perkemihan.

Gejala diatas bisa dijadikan peganggan bagi para wanita, tetapi yang lebih penting dari mewaspadai gejala adalah benar-benar membiasakan gaya hidup sehat dan menjauhi penyebab gejala kanker rahim.
Previous
Next Post »