Kanker Hati Gejala dan Penyebabnya

Kanker hati memiliki 2 jenis atau dua macam yang disebut kanker hati. Yaitu kanker hati primer dan sekunder. Kanker hati primer adalah kanker yang terjadi karena sel kanker itu sendiri memang dari awal sudah tumbuh pada organ hati tersebut. Namanya pun berbeda-beda tergantung pada hati bagian mana yang ditumbuhi oleh kanker ini. Sedangkan kanker hati sekunder terjadi karena adanya penyebaran sel kanker dari organ lain yang berdekatan dengan hati. Misalnya terjadi kanker pada empedu yang kemudian menyebar dan menginfeksi hati juga.

Kanker Hati



Penyebab Kanker Hati

Kanker hati yang paling sering terjadi adalah kanker hati primer. Menurut beberapa ilmu medis hal ini disebabkan adanya infeksi penyakit hati seperti hepatitis B dan C. Faktor lain tentunya adalah salahnya pola dan gaya hidup kita. Seperti sering mengkonsumsi alkohol, mengkonsumsi makanan yang menyebab aktifnya sel kanker seperti kacang, gandum, dan kedelai yang terinfeksi racun. Tak hanya itu faktor genetik juga menjadi salah satu faktor resiko yang menyumbang kesempatan besar terjadi kanker hati.


Gejala Kanker Hati

Gejala yang terjadi dari penyakit hati yang satu ini memang lebih parah jika dibandingkan dengan gejala penyakit hati pada umumnya. Gejalanya adalah terjadinya asites atau penumpukan cairan berlebih pada rongga perut menyerupai orang hamil tetapi isinya hanyalah cairan. Gejala yang kedua terjadinya penyakit kuning yaitu perubahan warna kuning pada selaput lendir dan kulit. perubahan warna kuning ini dikarenakan bocornya bilirubin yang dapat ditemukan pada mata, ujung-ujung kuku dan kulit seluruh tubuh. Adanya pembengkakan pada perut regio kanan atas juga bisa menjadi salah satu pendukung dari gejala-gejala yang telah disebutkan sebelumnya. Apalagi jika ditambah dengan penurunan berat badan karena anoreksia.

Jika mungkin ada sahabat atau kerabat kita yang mengalami gejala diatas, kita dapat memberikan solusi untuk segera melakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Atau untuk berjaga-jaga kita bisa juga melakukan skrining awal untuk mengetahui adanya pertumbuhan sel kanker pada organ hati. Skrining yang dilakukan lebih awal dapat memprediksi adanya kanker hati lebih awal sehingga kanker akan lebih mudah ditangani yaitu dengan melakukan pengangkatan kanker hati.
Previous
Next Post »