Gejala dan Tanda Tanda Kanker Darah Pada Anak

Kanker darah atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan leukemia adalah kanker yang menyerang proses produksi sel darah pada tulang sumsum. Yang terkena gangguan disini adalah sel darah putih, dimana tulang sumsum tidak mampu mengontrol produksi sel darah putih sehingga banyak sel darah putih yang keluar dari tulang sumsum dan menyebar keseluruh sistem tubuh, padahal sel darah putih yang keluar itu adalah sel darah putih yang belum matang dan belum sempurna. Sel darah putih adalah salah satu sistem kekebalan tubuh yang sebenarnya fungsinya adalah memfagosit atau memakan virus dan bakteri yang menginfeksi tubuh. Produksi sel darah putih yang berlebih dan tidak terkontrol menyebabkan sel darah putih akan memfagosit apa saja tak hanya virus dan bakteri. Berikut adalah beberapa gejala yang patut kita waspadai mungkinkah merupakan tanda-tanda terkena kanker darah.

Kanker Darah



Kelelahan

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa produksi sel darah putih yang berlebih dapat memakan apa saja yang ada didalam tubuh kita termasuk nutrisi yang seharusnya berfungsi untuk menambah energi tubuh kita. Maka dari itu, tanda-tanda yang patut diwaspadai kemungkinan kanker darah adalah jika kita sering mengalami lelah yang berlebihan. Karena sel darah putih membuat energi kita cepat terkuras.


Mudah Mengalami Perdarahan

Sel darah putih yang terlalu banyak menyebabkan komposisi sel darah merah kita juga berkurang dan tidak sempurna. Maka dari itu, tanda-tanda leukemia yang kedua adalah jika mudahnya kita mengalami perdarahan dan parahnya lagi ketika terjadi perdarahan akan sangat susah sekali terhenti. Perdarahan tan hanya terjadi jika kita terluka tetapi bisa lebih sering dari itu, misalnya jika kita berada dibawah terik matahari sebentar saja, pusing dan mudah mimisan dalam hitungan yang sering.


Penurunan Berat Badan

Gejala ini jelas sekali terjadi karena berhubungan dengan nutrisi yang tidak mampu diserap sempurna oleh tubuh. Serta adanya aktifitas fagositosis dari sel darah putih yang menyebabkan lambat laun berat badan menurun. Banyak yang mengatakan bahwa jika 3 hal ini saja terjadi, maka harus mewaspadai terjadinya kanker darah.
Previous
Next Post »