Gejala Kanker Mulut Akibat Rokok

Kanker mulut atau oral cancer mungkin belum sebegitu familiar, layaknya kanker serviks atau payudara. Penyakit satu ini berkembang hampir dalam setiap bagian dari rongga mulut atau orofaring. Perlu diketahui, oral cancer seringkali dimulai pada bagian lidah dan dasar mulut. Beberapa kasus menunjukkan bahwa sel abnormal tersebut dimulai pada sel datar atau sel skuamosa. Sel-sel ini bisa kita temukan menutupi hampir seluruh permukaan mulut, lidah serta bibir. Walaupun dinamakan oral cancer, nyatanya jaringan sel seringkali berasal dari kelenjar getah bening. Kelenjar ini dapat ditemui di leher dan dapat menyebar ke area paru-paru serta bagian tubuh lainnya. Saat menyebar, tumor tersebut bukan disebut sebagai kanker paru-paru namun oral cancer. Dokter pun mengatakan bahwa tumor baru tersebut adalah penyakit metasfasis.

Kanker Mulut


Penyebab oral cancer sendiri masih menjadi pro kontra, karena begitu banyak penelitian yang berjalan. Meskipun demikian, beberapa sumber terpercaya mengatakan bahwa merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol adalah faktor utama. Faktor resiko lainnya adalah sinar matahari yang terlalu berlebihan dan riwayat kanker leher serta kepala. Bagi Anda yang memiliki keturunan penderita kanker mulut, bisa jadi Anda pun beresiko terkena kanker. Satu catatan penting yang belakangan diungkap para ahli adalah konsumsi buah dan sayuran. Konsumsi makanan sehat diketahui mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Oleh karena itu, jangan lupa untuk tetap menyisipkan buah ataupun sayuran dalam menu harian Anda.


Untuk Anda yang was-was dengan tumor atau kanker satu ini, ketahuilah beberapa gejala yang mungkin ditimbulkan, yaitu.

1.   Timbulnya bercak putih, merah ataupun menggelap di area sekitar mulut.

2.   Mengalami sariawan yang tak membaik selama lebih dari 2 minggu atau luka disertai rasa sakit pada daerah wajah, leher dan ulcus.

3.   Terjadinya perdarahan berulang kali pda gusi dan luka dalam bagian mulut.

4.   Gigi-gigi goyang tanpa ada penyebab jelas.

5.   Adanya pembengkakan, benjolan ataupun perbesaran pada bagian gusi, bibi atau bagian mulut lainnya.

6.   Kanker mulut sering menyebabkan rasa kebal di sekitar wajah dan mulut.
Previous
Next Post »