Ciri-Ciri Kanker Usus Besar Dan Obatnya

Kanker usus adalah kanker yang cukup menyakitkan bila terjadi. Kebanyakan pasien dengan gangguan ini tidak akan mudah menyadari bahwa sedang mengalami kanker usus. Pasti banyak yang mengira hanya mengalami sakit perut biasa. Secara teori kanker usus adalah kanker yang menyerang bagian usus baik usus besar maupun usus kecil. Hal ini terjadi bisa dikarenakan kurangnya asupan serat pada makanan yang kita konsumsi. Ditambah lagi jika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan kolesterol yang semakin memperberat kerja usus.

Kanker Usus


Berikut ada beberapa ciri-ciri yang dapat dengan mudah kita kenali jika terindikasi mengalami kanker usus:


Ciri-Ciri Umum


Ciri-ciri umum yang terjadi pada kanker usus meliputi gangguan pada proses defekasi atau proses buang air besar. Ada beberapa pasien dengan terindikasi kanker usus yang mengalami kesulitan buang air besar karena kerasnya kotoran di dalam usus. Tentu saja penyebabnya adalah serat yang kurang dan konsumsi air putih yang sangat jauh dari kata cukup. Buang air besar yang sulit ini diiringi dengan rasa mules dan kaku pada perut serta kotoran yang jika keluar disertai dengan darah. Sementara pada kasus lainnya ada yang melaporkan terjadinya diare berkepanjangan bercampur dengan darah dan aroma yang sangat menyengat.


Jika kanker usus sudah mulai masuk stadium lanjut, gejala signifikan akan semakin nampak. Seperti munculnya benjolan pada bagian perut, mual muntah, hilangnya nafsu makan dan penurunan berat badan yang berkelanjutan.


Pengobatan

Jika pasien sudah jelas didiagnosa kanker usus maka penanganan yang harus segera dilakukan adalah pembedahan. Tak ada jalan keluar lain selain pembedahan yang dilakukan sesuai prosedur medis. Beberapa jenis pembedahan yang dilakukan adalah pembedahan polipectomi. Dimana akan diangkat sel kanker yang menginfeksi usus jika masih memungkinkan untuk diangkat. Karena hanya kanker usus stadium awal saja yang bisa dilakukan polipectomi. Sementara untuk penanganan pada stadium lanjut terpaksa harus dilakukan pemotongan pada usus sepanjang yang terkena kanker dan selanjutnya dilakukan penyambungan kembali.


Melihat bagaimana penanganan yang tidak ada jalan keluar lain selain pembedahan, akan lebih baik jika kita lebih fokus mengenai cara mencegah kanker usus.
Previous
Next Post »