Ciri-Ciri Kanker Otak dan Penyebabnya

Ciri-ciri kanker otak sangat perlu untuk dikenali karena merupakan salah satu penyakit yang menyerang otak. Dan serangan pada otak dapat menyebabkan kinerja organ tubuh secara keseluruhan mengalami gangguan, karena otak merupakan organ paling vital dan menjadi pengendali keseimbangan tubuh. hal terburuk dari penyakit kanker otak adalah dapat menyerang kepada siapa saja tidak perduli berapa usia mereka, anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua. Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengenali ciri-ciri atau gejala kanker otak serta penyebabnya.


Gejala Kanker Otak


Ciri-Ciri Kanker Otak


Berikut ini beberapa ciri-ciri kanker otak, diantaranya adalah :

-     Terjadi perubahan pola sakit kepala, dimana rasa sakit yang timbul bertahap, dan semakin lama semakin sering, berulang-ulang, dan rasa sakit yang ditimbulkannya semakin parah.
-     Rasa mual dan muntah yang terjadi tanpa sebab yang jelas
-     Menurunya fungsi indera penglihatan dan menyebabkan pandangan menjadi kabur
-     Kehilangan daya kendali untuk menggerakkan kaki atau tangan
-     Saat berjalan terasa sulit menjaga keseimbangan (sempoyongan) karena organ otak telah dikuasai oleh sel-sel kanker
-     Sangat mudah kehilangan fokus atau konsentrasi terhadap berbagai aktivitas atau kegiatan sehari-hari
-     Mengalami kesulitan dalam berbicara atau mengungkapkan sesuatu
-     Mengalami perubahan kebiasaan dan kepribadian
-     Mengalami kejang


Penyebab Kanker Otak


Setelah mengetahui apa saja gejala atau ciri-ciri kanker otak maka selanjutnya adalah mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya. Ada dua faktor yang menjadi penyebab kanker otak, yaitu faktor dari dalam dan faktor dari luar.

-     Faktor dari dalam maksudnya adalah sebuah kondisi yang tidak bisa kita kendalikan sendiri, seperti faktor keturunan (genetik) dari keluarga yang memiliki riwayat penyakit kanker otak, faktor kecelakaan yang mungkin menyebabkan benturan yang keras pada otak, sehingga membuat jaringan otak tumbuh tidak normal dan menjadi penyebab tumbuhnya sel-sel kanker.

-     Faktor dari luar maksudnya adalah penyebab yang sebenarnya bisa kita kendalikan, namun tidak dilakukan karena beberapa alasan, seperti mengkonsumsi obat-obatan jenis tertentu dalam waktu yang lama (terus menerus), kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol, dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, minyak dan bahan karsiogenik, serta terpapar sinar radiasi dalam jumlah gelombang tertentu yang dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker.

Demikianlah uraian singkat kami, semoga dapat menambah wawasan Anda dan lebih mengenali ciri-ciri kanker otak.
Previous
Next Post »