Pengertian Kanker Otak dan Gejalanya

Kanker otak adalah pertumbuhan sel liar yang terjadi pada jaringan otak. Pertumbuhan dari sel-sel liar terbilang cepat dan tidak terkendali. Mulanya, se liar akan tumbuh secara pelan-pelan. Kemudian ketika penderita tidak menyadari bahwa otak sedang ditumbuhi virus penyebab tumbuhnya sel liar, maka pertumbuhan akan semakin cepat. Kanker yang menyerang pada otak tersebut dikenal dengan bentuk meduloblastomas, meningioma, limfoma, sistem nervious pusat, serta chordomas.


Pertumbuhan dan perkembangan dari kanker otak dapat dikatakan pelan namun pasti. Sangat jarang terjadi pada usia anak-anak. Sehingga melihat siklus perjalanan yang demikian, maka penderita kanker otak baru akan terlihat ketika usia sudah dewasa. Saat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker sudah banyak.

Kanker otak


Namun tidak menutup kemungkinan anak-anak mudah terserang kanker yang menyerang otak. Ketika pertumbuhan dan perkembangan sel kanker pada tahap primer. Apalagi menyerang bagian sumsung tulang belakang, maka mau tidak mau jika terlambat penanganannya, kehilangan nyawa sang anak pun akan terjadi. Gejala dari kanker otak sendiri dapat dikenali dengan tekanan yang tinggi menyerang bagian tengkorak. Anda mengalami sakit kepala yang tidak biasa, sakit, dan berlangsung lama. Sehingga membuat penderita akan mengalami kelelahan pada otak dan menyebabkan keadaan kepala seperti mengalami stroke. Sebab kemungkinan pertumbuhan dari virus akan ebih banyak menyerang bagian otak tertentu sehingga Anda akan merasakan pengaruh yang lebih sakit pada salah satu bagian.


Perlu segera dilakukan CT scan (Scan Terkomputerisasi) serta MRI (Resonansi Magnetik) pada organ otak. Sehingga ketika Anda merasakan gejala yang disebutkan di atas, lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan diagnosa, maka akan lebih tepat dan akurat dalam memastikan apakah ada virus yang menyerang otak dan menyebabkan kanker. Dokter tentu tidak hanya sekedar melakukan dua langkah tersebut namun juga dilengkapi tindakan biopsi. Guna mengenali jenis kanker yang menyerang apakah benar kanker pada otak atau tidak. Untuk itu, pastikan Anda untuk segera memeriksakan kesehatan jika merasakan sakit apapun itu guna mencegah sedini mungkin pertumbuhan dan perkembangan dari kanker otak.
Previous
Next Post »