Bahaya Kanker Getah Bening dan Penyebabnya

Kanker getah bening adalah kanker yang cukup tinggi angka kejadiannya di dunia. Meskipun begitu sayangnya tak semua orang mengetahui apa yang dimaksud dengan kanker getah bening ini. Maka dari itu, terlebih dahulu kita harus mengenalnya agar kita mengetahui apa saja penyebab, gejala sehingga kita dapat menghindari penyakit yang cukup ganas satu ini.


Kelenjar Getah Bening

Sebelum kita membahas lebih jelas mengenai kanker getah bening, kita wajib tahu dulu apa sih yang disebut dengan kelenjar getah bening itu? Apa saja sih fungsinya untuk tubuh kita? nah, perlu diketahui bahwa kelenjar getah bening adalah kelenjar yang cukup penting bagi tubuh kita. kelenjar getah bening ini terletak di beberapa lokasi di tubuh kita yaitu di leher, ketiak dan pangkal paha.


Sedangkan fungsinya sendiri adalah sebagai salah satu sistem pertahanan tubuh. Jadi, ketika tubuh kita terinfeksi virus atau bakteri, kelenjar ini akan membengkak dan mengeluarkan zat perlawanan atau fagosit yang akan memakan virus atau bakteri tersebut.

Kanker Getah Bening


Gangguan Getah Bening

Kanker getah bening sendiri terjadi jika kelenjar getah bening tak mampu mengontrol lagi kapan dia harus mengempis. Jadi, kelenjar getah bening akan terus membengkak mengeluarkan zat fagositosis atau dalam hal ini sel darah putih yang menyebabkan peningkatan sel darah putih. Apakah bahaya jika kanker getah bening sudah mulai terjadi seperti itu? Tentu saja bahaya karena proses penyakit ini akan mempengaruhi sistem seluruh tubuh yang sangat berhubungan dengan sistem peredaran darah. Kanker ini nantinya dapat menyebar dan merusak organ lainnya, seperti bisa berkembang menjadi penyakit meningitis, TBC dan gangguan lainnya.


Pengobatan

Untuk hal pengobatan, jika sejak awal Anda sudah berkonsultasi dengan dokter maka Anda akan mendapatkan resep antibiotik yang diharapkan mampu menurunkan gejala pembengkakan pada kelenjar getah bening. Tetapi jika memang pembengkakan kelenjar getah bening sudah benar-benar berkembang menjadi kanker getah bening tentu saja operasi pengangkatan kelenjar getah bening menjadi satu-satunya cara. Diiringi dengan serangkaian jadwal kemoterapi, radioterapi dan tindakan perawatan pada penyakit kanker pada umumnya. Maka dari itu, kita semestinya berhati-hati dan segera berkonsultasi dengan dokter jika mendapati pembengkakan pada kelenjar getah bening yang berkepanjangan, untuk mewaspadai terjadinya kanker getah bening.
Previous
Next Post »