5 Gejala Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru seringkali baru disadari oleh penderitanya karena gejalanya seringkali diabaikan karena hampir mirip dengan penyakit batuk biasa, apalagi bagi mereka yang tinggal di kota besar, yang setiap harinya disibukkan berbagai aktivitas dengan kondisi alam yang kurang sehat karena terpapar polusi asap kendaraan, sinar matahari, dan gelombang radiasi yang tanpa disadari bila terjadi terus menerus dapat menimbulkan resiko terkena penyakit yang berbahaya.


Salah satu penyakit yang seringkali terlambat terdeteksi adalah penyakit kanker paru-paru. Meskipun rokok atau tembakau merupakan penyebab utama dari penyakit yang berhubungan dengan paru-paru, namun perokok pasif juga dapat beresiko tinggi mengalami kanker paru-paru. Oleh karen itu ada baiknya bila Anda mengenali apa saja gejala kanker paru-paru agar bisa segera mengambil tindakan pengobatan yang tepat.


Kanker Paru-Paru

Gejala Kanker Paru-Paru



Berikut ini beberapa gejala kanker paru-paru yang sebaiknya Anda waspadai, diantaranya adalah :
-     Batuk yang tidak kunjung sembuh, bahkan cenderung memburuk
-     Mengalami kesulitan bernafas (sesak nafas/kehabisan nafas)
-     Timbulnya rasa sakit di bagian dada yang terjadi secara konstan
-     Batuk-batuk yang disertai dengan dahak dan darah
-     Suara berubah menjadi lebih serak
-     Sering mengalami infeksi paru-paru (pneumonia)
-     Cepat merasa letih padahal tidak sedang melakukan aktivitas yang berat atau banyak
-     Berat badan terus mengalami penurunan


Mendeteksi Kanker Paru-Paru Secara Medis


Gejala yang dirasakan setiap orang berbeda-beda, tergantung pada kondisi kesehatan setiap individu, namun bila telah merasakan 3-4 dari gejala diatas sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter ahli, hal ini untuk segera mendeteksi kanker paru-paru. Ada beberapa metode medis yang dilakukan yaitu tes dahak (lendir yang berasal dari paru-paru), CT Scan Spiral, dan X-ray dada.


Biasanya  pemeriksaan selanjutnya yang disarankan oleh dokter adalah tes skiring, namun semuanya tergantung pada keputusan setiap individu. Seteleah melakukan prosedur diagnose seperti pemeriksaan fisik, X-Ray dada, dan CT scan, maka akan terdetekasi seberapa parah kanker paru-paru yang diderita oleh pasien. Dan beberapa upaya medis yang dilakukan dalam proses pengobatan adalah radioterapi (terapi radiasi) dan kemoterapi.

Semoga informasi diatas dapat memberikan tambahan informasi mengenai gejala serta cara mendeteksi secara medis kanker paru-paru.
Previous
Next Post »